Jayapura (Papua stuent)- Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Jayapura, Kol.Pnb.Suwandi Miharja kepada wartawan di Jayapura, Senin (13/4) menyatakan, akan membina potensi dirgantara di Papua, khususnya dalam mengembangkan olahraga bidang tersebut.

"Papua memiliki potensi yang bagus untuk olahraga ini, walaupun minat masyarakat di Papua terhadap bidang dirgantara belum sebesar cabang olahraga lainnya," ujarnya.
Salah satu potensi ini terlihat dari pemandangan alam Jayapura dengan keberadaaan Danau Sentani yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan terjal dengan vegetasi heterogen yang diselingi semak dan rerumputan lebat.

Selain itu konfigurasi pulau-pulau kecil yang meliuk tampak pula mengapung di tengah danau yang termasuk salah satu yang paling luas di Papua ini.

Hal ini menambah kekayaan pemandangan alam yang dapat dieksplorasi lebih jauh, baik untuk mengoptimalkan olahraga dirgantara maupun sebagai daya tarik wisata udara.

Menurut Suwandi, olahraga dirgantara yang nantinya dikembangkan diantaranya aeromodelling, paralayang dan terjun payung.

"Sasaran pembinaan tersebut ditujukan kepada para masyarakat pada umumnya, terutama bagi kalangan pemuda," tandasnya.

Oleh karean itu, Lanud Jayapura juga telah membentuk Gugus Depan (Gudep) Pramuka Saka Dirgantara sebagai bentuk perwujudan tugas membina masyarakat, meskipun sejauh ini belum banyak yang bergabung.

Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan minat dan pengetahuan masyarakat Papua mengenai olahraga dirgantara dapat terus ditingkatkan.
"Bahkan, dapat menjadi media untuk menjaring bakat dan kemampuan masyarakat yang selama ini masih terpendam," kata Suwandi.

Related Posts by Categories



0 komentar