Tuesday, April 14, 2009 | with 0 komentar »
JAYAPURA (PAPOS)-Selain mengutuk tindakan brutal sekelompok yang tidak dikenal atas pembakaran gedung Rektorat Universitas Cenderawasih (Uncen), bupati Pegunungan Bintang Drs. Welington Wenda, MSi, memprakarsai pembangunan kembali gedung itu dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp.1 M.


Menurut Welinton, dana sebesar itu, tidak ada artinya jika dibandingankan dengan kerugian sumberdaya manusia yang akan terjadi sebagai akibat dari pembakaran tersebut. 
“dana itu tidak seberapa, kalau gedung rektorat tidak dibangun, proses pembentukan dan persiapan sumber daya manusia Papua di Uncen akan terhenti, dan kerugian itu tidak bisa dinilai dengan rupiah.
 Semangat yang saya miliki adalah bagaiman gedung itu secepatnya kembali berfungsi agar, proses belajar mengajar di Uncen bisa berjalan dengan normal kembali,” jelas kepada Papua Pos di Jayapuar belum lama ini.
Wilinton mengatakan dana sumbangan itu nanti akan diberikan langsung kepada Rektor, dan dirinya berharap bantuan itu akan sangat berguna dan bermanfaat.
Menurutnya, bantuan serupa juga akan diberikan oleh beberapa bupati dikawasa Pegunungan Tengah Papua, dan sebagai kordinator dirinya telah berkonsultasi dan menghubungi bupati lainnya dan semuanya mengatakan bersedia, “ini masalah waktu saja, ada beberapa bupati yang suda saya hubungi dan mereka bersedia membantu,” jelasnya.
Kembali dirinya mengatakan pembakaran gedung utama rektorat Uncen, Kamis (9/04) pagi lalu, adalah tindakan yang terkutuk, dan upaya membunuh masa depan orang Papua, disatu sisi berniat menghendaki agar Papua ini tidak maju.
“rektorat Uncen sebagai gedung utama universitas pertama dan tertua yang dimiliki masyarakat Papua, universitas kebanggan orang Papua dalam membentuk SDM hingga melahirkan kader pemimpin yang kompoten. Toh dijadikan sasaran empuk oleh pelaku brutal yang tidak memiliki hati terhadap kemajuan orang Papua,” jelasnya, dengan nada sedih.
Rektorat di mata Welington adalah gedung utama Uncen tempat pengambilan keputusan para petinggi Uncen, tempat untuk mengendalikan setiap fungsi-fungsi organisasi Uncen, tempat pembahasan semua persoalan akademisi serta tempat penyimpanan semua berkas administrasi akademik.
Dalam kesempatan itu dirinya meminta kepada pelaku pembakaran agar menghentikan tindakan-tindakan tidak terpuji tersebut, dan kepada aparat dirinya menyerahkan sepenuhnya penanganan penyelesai pekara pembakaran itu, agar aparat menemukan pelakukanya dan memberikan ganjaran yang sesuai.


Related Posts by Categories



0 komentar