Jayapura (papuastudent ) - Menko Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Aburizal Bakrie telah siap memberikan bantuan dana untuk pembangunan perumahan terpadu bagi masyarakat di pedalaman Kabupaten Paniai, Provinsi Papua yang sampai saat ini masih hidup dalam keterisolasian akibat kondisi geografis yang bergunung-gunung, lembah dan ngarai.

Niat baik Menko Kesra itu disampaikan Staf Khusus Menko Kesra RI, Mayjen TNI (Purn) Suadiatma di Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pekan lalu.

Suadiatma mengatakan, Menko Kesra telah menerima laporan bahwa masyarakat di Kabupaten Paniai pun membutuhkan sentuhan pembangunan dari pemerintah melalui bantuan dana pembangunan permukiman terpadu seperti di Pegunungan Bintang, Lani Jaya dan Kabupaten Tolikara.

Menurut rencana, sebuah Tim khusus dari Kantor Menko Kesra pada Oktober mendatang melakukan penjajakan ke Paniai.

Hasil penjajakan Tim khusus itu akan dilaporkan kepada Menko Kesra Aburizal Bakrie untuk diteruskan kepada Presiden SBY agar masyarakat di Paniai pun memperoleh bantuan dana untuk pembangunan permukiman terpadu demi peningkatan kesejahteraan mereka.

“Pemerintah wajib memberikan perhatian dan pelayanan kepada masyarakatnya yang membutuhkan bantuan agar mereka merasa memiliki bangsa dan negara ini,” ujar mantan Kasdam XVII Cenderawasih itu.

Permukiman terpadu itu terdiri dari perumahan layak huni type 36 dilengkapi MCK, air bersih, listrik, demplot pembibitan pertanian, sekolah, Puskesmas Pembantu (Pustu) dilengkapi tenaga perawat dan aspek lainnya yang berkaitan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Suadiatma menegaskan bantuan ini diberikan dengan tujuan murni bagi masyarakat yang membutuhkannya karena pemerintah wajib memberikan perhatian agar masyarakat hidup secara layak dan manusiawi.

Suadiatma pada pekan lalu mendampingi Kepala Biro Perencanaan Menko Kesra RI, Dr.Hazwan ke Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang untuk menyerahkan bantuan dana Rp98 miliar lebih yang diterima Bupati Pegunungan Bintang, Welington Lod Wenda dan Rp40 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Lany Jaya yang diterima Penanggungjawab Proyek, Bismarck Tambunan di Oksibil, Kamis (28/8).

Dana sebesar Rp138 miliar bantuan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono itu salurkan Menko Kesra Aburizal Bakrie melalui Kepala Biro Perencaaan Hazwan itu dipergunakan untuk pembangunan permukiman terpadu bagi masyarakat di perbatasan RI dan Papua Nugini (PNG).

Di Pegunungan Bintang, dana itu dibangun permukiman terpadu di Distrik Batom 100 unit rumah, Distrik Yumakot, Tarub dan Disrik Walakubun masing-masing 50 unit rumah type 36.

Sedangkan dana sebesar Rp40 miliar akan di gunakan Pemkab Lani Jaya untuk pembangunan 100 rumah terdiri dari 40 unit rumah di Distrik Balingga, DIstrik Koyawage dan Distrik Melanegeri masing-masing 30 unit rumah dengan type yang sama 36 serta pembukaan ruas jalan dari Pirime ke Balingga yang jaraknya 25 kilometer, namun dibuka tahap awal beberapa kilometer.
...............................................................
www.kabarpapua.com

Related Posts by Categories



0 komentar